Ingin Cepat Hamil ?

Monday, 11 August 2008

Fakta Rokok




Fakta Tentang Rokok


Masih mengenai rokok ,banyak macam rokok yang beredar dipasaran mulai dari jenis keretek sampai dengan rokok putih dan jenis cerutu.

Saya coba untuk meringkaskannya dan fakta yang ada mengenai rokok sebagai berikut nih :
Fakta 1.Rokok umumnya terbagi 3 kelompok: rokok mild, rokok kretek dan cerutu.

Fakta 2.Rokok tipe Mild di presentasikan mempunyai kandungan tar dan nikotin yang paling rendah dibanding rokok kretek dan hal ini dikontrol dengan baik/dijamin oleh pabriknya, karena kerendahan kadar tar dan nikotin ini justru menjadi "nilai jual" bagi mereka berkaitan dengan isu kesehatan.(tar dan nikotin adalah penyebab kanker).

Fakta 3.Rokok mild memiliki sekitar 14-15 mg tar dan 5 mg nikotin.
Karena ringan kandungan tar dan nikotin nya, maka rokok jenis mild juga diberi istilah light, misalnya rokok LA Light, Marlboro light dll.

Fakta 4 "Keringanan" kandungan tar dan nikotin ini dikarenakan (a)Pengolahan lebih lanjut dilakukan terhadap tembakau sebelum dicacah halus menjadi setengah serbuk.Cara pengolahan nya dirahasiakan pabrik :) (b)Penggunaan teknologi "filterisasi" pada batangan rokok, yaitu menambah busa pada bagian yang akan dihisap sehingga busa berfungsi sebagai penyaring nikotin dan tar (dan memang lewat penelitian terbukti efektif/signifikan).


Fakta 5.Rokok tipe mild disebut juga rokok putih karena biasanya warna gulungan kertas pembungkus silinder sebuah rokok itu selalu putih.

Fakta 6.Rokok tipe kretek memiliki sekitar 20 miligram tar dan 4-5 miligram nikotin.Lebih besar kandungan tar dan nikotin nya dari rokok mild, sehingga resiko kanker menurut dokter jadi lebih besar pula.Rokok tipe kretek ini contoh nya Dji Sam Soe.

Fakta 7.Disebut rokok "kretek" karena menurut penggemarnya kalau rokok jenis ini dibakar akan mengeluarkan bunyi "kretek-kretek" (yaitu suara kertas bercampur tembakau cacahan agak kasar yang terbakar).

Fakta 8.Cerutu umumnya berbentuk seperti torpedo/kapal selam dengan ukuran lebih besar dan panjang dari dua jenis rokok pertama.Terdiri dari daun tembakau kering yang digulung-gulung menjadi silinder gemuk, lalu dilem. (Jadi tidak dicacah daun tembakau nya).Akibatnya cerutu menjadi yang paling besar dari segala jenis rokok kandungan tar dan nikotin nya dan menjadi yang paling berbahaya menurut dokter.

Fakta 9.Rokok jenis ini sering tampil bergaya bersama aktor Holywood zaman dulu misalnya Clark gable bintang Gone with the wind.Pak harto juga gemar dan mengkoleksi rokok jenis ini.Termahal adalah cerutu Cuba...harga nya bisa jutaan rupiah untuk satu batangnya dan dikemas dalam kotak eksklusif.Sedangkan saya sang penulis cuma pernah beli di airport ngurah rai cerutu bali sekotak isi 6 batang harganya kira-kira 30 ribu saja untuk dijadikan oleh-oleh buat teman penulis yang gemar merokok :)

Stop Rokok Sekarang juga

0 comments: