Wednesday 13 August 2008

stop rokok sekarang
Sang Pembunuh bernama ROKOK

Apakah Peringatan Pemerintah mengenai rokok sudah dapat mempengaruhi minat merokok masyarakat ?:
“Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin”Demikian yang selalu kita dengar dan lihat pada setiap Peringatan Pemerintah.

Kamu pasti tahu kalimat di atas. Kalimat ini sering muncul di setiap iklan rokok ditampilkan di media elektronik ataupun media massa. Secara prinsip marketing, isi kalimat itu sebenarnya bertentangan dengan pesan yang ingin disampaikan oleh produk itu sendiri. Di satu sisi ingin mengiklankan produknya, tapi di sisi lain ada statement bahwa jika kamu mengkonsumsi produk tersebut kamu akan sakit jantung, impotensi, dan lain-lain.

Lantas, apakah konsumen tidak jadi membelinya karena tulisan tersebut?
Jangan salah. Nilai jual produk ini (=rokok) justru sangat tinggi, khususnya konsumen laki-laki. WHO melansir bahwa konsumsi tembakau di negara berkembang mengalami kenaikan setiap tahunnnya, yaitu 68% pada 1996, menjadi 72% pada 2001.

Ini sepertinya terbukti dengan promo ataupun iklan-iklan rokok di Indonesia yang sangat mendominan. Mulai dari iklan TV di jam-jam premier, hingga sponsor di event-event besar. Mungkin bisa jadi Indonesia akan sepi jika tidak ada sponsor dari produk rokok ini.

Lihat saja, hampir semua acara-acara entertainment, olah raga, hingga beasiswa, banyak disponsori oleh produk rokok.terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

Berikut adalah sebagian kecil BAHAYA ROKOK terhadap kesehatan manusia :

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin.

Stop Rokok Sekarang







Categories:

0 comments: