Saturday 16 August 2008

Data mengenai rokok sebagai penyebab kematian semakin banyak saja ,tahukah anda kalau dalam setiap batang rokok mengandung ratusan zat kimia berbahaya? Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh WHO, lima ratus orang dewasa yang hidup muka bumi ini diprediksi akan meninggal dunia akibat rokok di abad 20. Jumlah itu diyakini akan mengalami peningkatan hingga satu milyar di abad 21.

Angka yang dikeluarkan oleh badan kesehatan dunia itu bukan merupakan rekaan dan rumusan semata sebagai sebuah gertakan untuk menakut-nakuti para perokok. Berdasarkan hasil penelitian dari para ahli dunia, setiap menit tak kurang dari 60 orang dewasa mati karena rokok.

Untung menghindari bahaya tersebut, upaya penyadaran masyarakat akan bahaya rokok memang kerap dilakukan, namun sayangnya intensitas sosialisasinya berbanding terbalik dengan jumlah penayangan iklan rokok di media cetak maupun elektronik. Alhasil, ancaman penyakit mematikan kian menghantui kesehatan para perokok.

“Dari sekian banyak penyakit yang mematikan akibat rokok, salah satu diantaranya adalah kanker pankreas,”

Penyakit yang menyerang salah satu organ pencernaan vital manusia ini, ungkapnya, diakibatkan oleh pengaruh zat nikotin dan tar yang ada disetiap batang rokok. Adapun akibat yang ditimbulkan adalah terganggunya sistem kerja pankreas dalam menghasilkan enzim amilase dan pancreatin yang memiliki fungsi sebagai pencerna makanan.

“Bila seseorang telah terserang kanker pankreas, biasanya mereka mengalami sakit pada bagian perut. Orang yang awam sering menganggapnya sebagai penyakit maag yang menyerang lambung. Padahal berdasarkan hasil penelitian medik, penyakit maag itu sendiri disebabkan oleh terlalu banyaknya asam lambung atau luka pada dinding lambung,”

Karena gejala kanker pankreas ini mirip dengan tanda-tanda penyakit maag, tuturnya, maka penderita disarankan untuk memeriksakan dirinya ke dokter. Disana, pasien akan menjalani proses endescopy, yaitu pemeriksaan dengan menggunakan sebuah selang kamera yang dimasukkan melalui organ pencernaan.

“Namun, jika pasien membiarkan bahkan menganggap remeh penyakit ini, maka lama-kelamaan kanker ini akan merajalela dan meyerang organ pencernaan lain. Bila kondisinya sudah akut, si penderita akan meninggal karena sistem pencernaannya terganggu,”

Guna menghindari penyakit membahayakan ini, dia menyarankan agar berhentilah merokok. Sebab, dampak dari rokok itu sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup manusia. Oleh karenanya, berhentilah menghisap rokok sebelum semuanya terlambat.


Ingin Segera Berhenti Merokok ?

klik : ==>> Stop Merokok Sekarang Juga

Categories:

0 comments: