Friday 5 September 2008

kanker pita suara stop rokokRokok dapat menyebabkan kanker Paru sering kita dengar setiap hari ,tapi rokok dapat menyebabkan kanker PITA SUARA mungkin masih jarang terdengar ,kali ini giliran kanker pita suara akibat rokok akan kita bahas bagaimana dapat sampai terjadi pada pita suara..
Sudah tentu ,pasti yang menyebabkan kanker tersebut adalah zat berbahaya yg terkandung dalam rokok itu sendiri , nah...apa saja zat yang berbahaya pada rokok ?

Rokok dibuat dari tanaman tropis Tembakau (Nicotiana tobaccum).Apabila dibakar, asap yang dihasilkan mengandung kurang lebih 4000 racun dengan 3 komponen utama yaitu Nikotin yang menyebabkan ketergantungan, TAR yang bersifat karsinogenik (pencetus kanker),dan karbon monoksida yang menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Selain itu komponen2 lain yang terdapat di dalam rokok : - Fenol (bahan pembersih lantai) - Aseton (bahan pembersih cat kuku) - Arsen (bahan racun tikus) - Merkuri (penyebab penyakit minamata) - Hidrogen Sianida - Formalin (bahan pengawet mayat) Bahan2 di atas dapat memperbesar resiko anda terkena kanker.Itulah beberapa zat berbahaya - racun yang terdapat dalam rokok.

Bagaimana rokok dapat menyebabkan kanker ?

Apabila anda menyalakan rokok dan menghisapnya, maka ratusan, ribuan, bahkan jutaan molekul2 radikal bebas masuk ke dalam tubuh anda. Apa itu radikal bebas? Free Radicals (FR) adalah suatu senyawa yang kehilangan elektron bebasnya sehingga bersifat sangat reaktif, apabila FR masuk ke dalam tubuh FR cenderung mencuri elektron dari tubuh, proses ini menyebabkan cedera pada membran sel dan inti khususnya paru-paru sehingga terjadi kelainan dan kecacatan pada DNA. Apa akibatnya? Terjadilah proses pembelahan sel yang abnormal dan tidak terkendali dan terjadilah tumor/kanker. Selain asap rokok, lingkungan kita juga menghasilkan FR antara lain : Sinar UV dari matahari, gas buangan kendaraan bermotor, smog, asap masakan, dsb.

Semakin jelas ,semua asap rokok kalau dapat akan dihisap semua oleh perokok ?! Asap akan melewati saluran yang menuju Paru-Paru dan berkumpul disana. sebelum sampai paru-paru tentu akan melewati berbagai organ - jaringan ,antara lain adalah Pita Suara yang sensitif terhadap rangsangan dari luar ,dalam hal ini adalah radikal bebas ( FR ) . Pada prinsipnya semua jaringan yang terlewati ,yang dilalui oleh asap rokok berpotensi dapat terkena kanker.

Anda Masih berani merokok ?

Anda bisa Pesan Paket ebook Sekarang juga disini !
Paket ebook Kesehatan yang sangat bermanfaat untuk Anda ,STOP ROKOK hari ini juga Silakan Anda Klik Disisni
Categories:

0 comments: