Thursday 30 October 2014

Buah yang satu ini sering juga disebut dengan buah yang mempunyai seribu manfaat ,serta sangat kaya akan Antioksidans. Kandungan dan manfaat buah manggis sudah tidak diragukan lagi akan keampuhannya. Artikel ini akan sedikit membahas beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh kita. Buah manggis merupakan buah yang memiliki kandungan antioksidan yang begitu besar dibandingkan dengan buah-buahan yang lain.
Tak heran jika buah yang satu ini tidak pernah busuk walau disimpan dalam jangka panjang. Akan tetapi jika buah ini diletakkan pada tanah dengan waktu lama maka buah ini akan mengering sehingga menjadi kayu.








Kulit buah manggis memilki warna yang kemerah-merahan, sedangkan daging buahnya sendiri berwarna putih. Rasa buah manggis sendiri adalah manis jikalau buah ini dikonsumsi saat sudah matang. Selain rasanya yang manis, buah manggis juga memberikan banyak manfaat pada kita dalam hal kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan yang bisa didapat:
1. Mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker
Salah satu manfaat buah manggis adalah bahwa buah manggis dapat menjaga tubuh kita dari penyakit seperti penyakit kanker paru-paru, kanker hati, kanker usus dan juga penyakit leukemia.
2. Mencegah berbagai penyakit mematikan
Di dalam buah manggis terdapat kandungan xanthones yang kandungan ini dipercaya mampu mencegah beberapa penyakit-penyakit mematikan. Seperti halnya buah manggis dapat mencegah penyakit diabetes, Alzheimer, penyakit jantung, kanker dan lainnya. Penyakit ini dapat dicegah jika buah manggis dikonsumsi secara rutin setiap harinya.
3. Melawan radikal bebas
Buah manggis juga mengandung antioksidan catechins yang kandungan ini dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Bahkan kandungan ini dipercaya memiliki manfaat lebih besar daripada beberapa vitamin seperti vitamin C dan E.
4. Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat buah manggis yang berikutnya adalah bisa menjaga pencernaan tubuh kita. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka orang tersebut akan rentan terkena penyakit diare maupun masalah pencernaannya. Hal ini dikarenakan zat asam dalam tubuh manusia semakin berkurang saat usianya bertambah. Oleh karena itu, untuk mengatasi penyakit yang disebabkan usia yang semakin bertambah, anda bisa mengonsumsi buah manggis secara rutin karena hal ini dapat menyeimbangkan kerja perut anda.
5. Mengatasi gangguan pernapasan
Buah manggis juga mengandung bakteri xanthones yang mana kandungan ini dapat melawan infeksi dan mengurangi alergi sehingga mampu mengobati gangguan pernapasan serta penyakit asma.
6. Menjaga kemampuan mental
Buah manggis juga dipercaya mampu mengatasi beberapa penyakit mental seperti demensia, Alzheimer, stroke dan penyakit-penyakit lainnya. Hal ini dikarenakan buah manggis memiliki manfaat untuk menjaga kemampuan mental kita.
7. Menurunkan berat badan
Buah manggis juga baik bagi anda yang sedang dalam program diet tapi anda tidak bisa menahan nafsu makan anda. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam buah manggis dipercaya mampu memproses makanan dalam tubuh kita untuk dijadikan energi sehingga lemak dalam tubuh tidak tertimbun dan tubuh kita juga lebih sehat karena mendapatkan tambahan energi.
8. Menurunkan kolesterol
Salah satu manfaat buah manggis adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kita tahu bahwa ada kolesterol jahat dalam tubuh kita yang menempel pada pembuluh darah. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mengonsumsi buah manggis secara teratur karena buah yang satu ini memiliki khasiat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.
9.Mencegah gangguan penglihatan
Seperti yang telah dibahas diawal kalau buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat, manfaat antioksidan buah manggis juga terdapat pada penglihatan kita seperti mengatasi penyakit katarak serta glaucoma.
10. Mengobati penyakit batu ginjal
Para ahli gizi sangat menyarankan kita untuk mengonsumsi buah manggis 3 ons setiap harinya. Hal ini dikarnakan buah manggis memiliki khasiat mencegah terjadinya penyakit batu ginjal dengan proses kita lebih sering buang air kecil yang akhirnya menjauhkan kita dari penyakit ginjal tersebut.
Nah, jika anda sudah mengetahui kandungan manfaat buah manggis, sekarang konsumsilah buah manggis ini secara teratur untuk kesehatan anda.
Categories: