Thursday 30 October 2014

Pasti anda semua sudah tau apakah itu buah Melon..Twtapi  apakah anda sudah mengetahui akan manfaat buah melon? Dibawah ini saya akan bahas beragam keuntungan dan manfaat mengkonsumsi buah melon bagi kesehatan tubuh kita. Buah melon merupakan buah yang rasanya manis dan segar untuk dikonsumsi. Tak heran jika banyak orang yang sangat menggemari buah melon ini. Buah ini juga sering dijadikan makanan pencuci mulut ataupun cemilan sehari-harinya. 


Perlu juga diketahui bahwa buah melon adalah salah satu keluarga buah yang segolongan dengan buah mentimun dan labu. Untuk mendapatkannya pun sangatlah mudah, Sehingga anda bisa membeli buah ini di berbagai tempat seperti toko buah, pasar tradisional ataupun pasar modern. Harganya pun juga tidak terlalu mahal dan sangatlah terjangkau bagi masyarakat banyak..
Selain harganya yang murah dan rasanya yang manis dan segar, buah melon memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini dikarenakan dalam buah melon terdapat kandungan-kandungan seperti air, vitamin A, B dan C. Kandungan tersebut merupakan bagian terbesar yang dimiliki buah melon. Namun selain itu buah melon juga memiliki kandungan lainnya yang menyehatkan seperti zat besi, fosfor, kalsium, protein, karbohidrat dan mineral.
Lalu dari kandungan-kandungan yang dimilki buah melon, manfaat apa sajakah yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh kita? Dibawah ini beberapa manfaat buah melon berdasarkan kandungan gizinya:
  1. Buah melon memiliki kandungan air yang sangat tinggi, hal bermanfaat bagi kita untuk mendapat kesegaran ketika kita sedang berada pada cuaca yang panas.
  2. Buah melon juga bermanfaat bagi lancarnya saluran pencernaan kita. Karena buah melon mengandung mineral yang dapat mengurangi zat asam sehingga kita terhindar dari penyakit sembelit.
  3. Mengonsumsi buah melon secara teratur akan mencairkan darah menggumpal dalam tubuh sehingga kita terhindar dari penyakit stroke.
  4. Buah melon juga baik bagi anda yang sedang mengalami penyakit sariawan. Hal ini dikarenakan buah melon mengandung air yang sangat tinggi dalam mengatasi sariawan tersebut. Untuk mendapat kesembuhan secara cepat, anda bisa mengonsumsi buah melon ini dengan dibarengi buah lainnya seperti anggur, tomat dan jeruk.
  5. Mengonsumsi buah melon secara tertatur setiap hari sangatlah baik bagi anda yang sering mengalami sakit ginjal. Hal ini dikarnakan buah melon dapat mengembalikan kerja ginjal kita menjadi normal.
Selain beberapa manfaat buah melon yang disebutkan diatas, ada jenis buah melon yang memberikan manfaat untuk kategori tertentu. Buah melon tersebut adalah buah melon honeydew yang sudah sangat dikenal di Indonesia. Berikut beberapa manfaat buah melon honeydew:
  1. Balita: Buah melon ini sangat bermanfaat bagi balita karena buah ini memilki kandungan vitamin A, luteine, beta karoten dan zeaxanthin yang sangat baik bagi kesehatan kulit bayi. Selain itu, buah ini juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga tulang bayi. Mineral dan vitamin B adalah kandungan yang dimiliki buah melon honeydew yang sangat baik bagi kesehatan bayi.
  2. Ibu hamil: Buah melon honeydew juga baik bagi ibu hamil untuk perkembangan janin bayi dalam kandungan. Hal ini dikarnakan buah melon honeydew mengandung asam folat yang memilki peran tersebut.
  3. Diet: Tak ketinggalan juga bagi anda yang sedang dalam masa program diet, buah melon honeydew juga bisa dijadikan solusi sebab buah ini memilki kandungan air dan kalori yang rendah.
Tips Membeli Buah Melon Berkualitas
Jika anda sudah mengetahui manfaat buah melon yang sangat baik bagi tubuh kita itu, maka segeralah bergegas untuk mendapatkan buah ini. Jika anda ingin membeli buah melon, ada beberapa tips untuk memperoleh buah melon yang segar matang dan baik agar anda tidak membeli buah melon mentah atau yang sudah busuk. Berikut bebeberapa tips membeli buah melon yang segar matang:
  1. Anda harus memilih buah melon yang memiliki aroma segar dan harum
  2. Sebaiknya anda juga memilih buah melon yang memilki kulit buah bengkak dan pecah-pecah.
Itulah yang harus anda lakukan untuk mendapatkan buah melon yang segar dan matang. Dan juga jika anda membeli buah melon dan tidak langsung mengkonsumsinya saat itu juga, sebaiknya anda menyimpan buah melon pada kulkas agar bisa bertahan sampai 10 hari, sebab jika tidak disimpan dalam kulkas, buah melon hanya bisa bertahan sampai 3 hari saja. Yang dimaksud ketahanan buah melon disini adalah jika buah melon dibiarkan sampai batas waktu tersebut, kandungan yang dimilki buah melon seperti nutrisi dan gizinya nantinya akan hilang.
Selamat merasakan beragam manfaat buah melon ini!
Categories: